TIPS AMAN Cara Menghindari Pembobolan Rekening dari MODUS Card Skimming

Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus berkurangnya saldo atm secara tiba-tiba. Kejadian tersebut terungkap bahwa berkurangnya saldo tersebut diakibatkan oleh kegiatan kejahatan perbankan berupa card skimming.

Untuk bisa menghindari pembobolan rekening yang diakibatkan modus card skimming, sebaiknya para nasabah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi kejahatan card skimming ini.

Namun sebelum membahas mengenai cara menghindari pembobolan rekening yang diakibatkan card skimming. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara kerja dari modus kejahatan card skimming tersebut.

Cara Kerja Kejahatan Perbankan menggunakan Card Skimming

Kejahatan CARD SKIMMING merupakan bentuk kejahatan perbankan dengan melakukan penggandaan data kartu atm nasabah. Penggandaan data ini dilakukan menggunakan alat skimmer.

Tips aman terhindar card skimming, cara mengatasi modus penggandaan data atm

Alat Skimmer merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mencuri informasi di kartu ATM atau Kartu Kredit dengan kecepatan tinggi. Jadi modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan menaruh alat skimmer tersebut di mesin-mesin ATM yang mereka incar.

Dengan menaruh alat skimmer di mesin ATM tersebut maka para pelaku dapat dengan mudah menggandakan data kartu ATM nasabah yang menggunakan ATM yang sudah ditargetkan.

Setelah mengetahui cara kerja dari modus card skimming tersebut maka sekarang mulai membahas tentang bagaimana cara menghindari pembobolan rekening dari modus card skimming.

Cara Menghindari Pembobolan Rekening (Card Skimming)

Untuk bisa terhindar dari kejahatan perbankan dari modus Card Skimming, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan mesin ATM. Dan berikut adalah tips aman agar terhindar dari modus Card Skimming di mesin ATM.

1. Ketika Masuk ATM Pastikan tidak ada Alat Tambahan
Alat tambahan ini bisa berupa alat skimmer yang ditaruh di mulut ATM. Selain itu modus lainnya ada juga yang meletakkan kamera tambahan disekitar mesin ATM selain kamera CCTV ATM.

2. Jika Menemui Kejanggalan Segera Hubungi Call Center
Pada saat mengetahui ada kejanggalan pada mesin ATM, langkah yang harus dilakukan adalah dengan memanggil call center Bank yang bersangkutan.

3. Tutupi Jari Ketika Menulis PIN Kartu ATM
Langkah berikutnya adalah dengan menutup jari ketika memasukkan PIN Kartu ATM agar tidak diketahui orang lain. Dan untuk mencegah tersebarnya PIN Kartu.

4. Ganti PIN secara Berkala
Untuk terhindar dari kejahatan skimming sebaiknya ganti PIN ATM sebulan sekali atau paling lambat setahun sekali. Dengan mengganti secara berkala maka rekening kita akan menjadi lebih aman.

5. Aktivasi SMS Banking
Dengan mengaktifkan notifikasi SMS Banking maka setiap mutasi rekening yang terjadi akan terpantau dengan mudah.

Itulah setidaknya tips aman agar terhindar dari pembobolan rekening ATM yang diakibatkan oleh Card Skimming. Dan jika informasi ini bermanfaat maka bisa share artikel ini untuk membantu yang lainnya agar terhindar dari kejahatan perbankan berupa Card Skimming. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Masa Aktif Kartu Flazz BCA & Cara Menonaktifkannya

Daftar Alamat Western Union Jakarta Selatan

Alamat Galeri Indosat Ooredoo Jakarta Utara [ Lokasi Gerai Indosat Ooredoo

Alamat Galeri Indosat Jakarta Selatan LENGKAP [ Lokasi Gerai Indosat Ooredoo

Daftar Lokasi Western Union Sidoarjo yang ada di Indomaret Sidoarjo (Telp WU)

Daftar Alamat Western Union Jakarta Timur [ Lokasi WU

Inilah Biaya dan Limit Kartu Kredit BCA Smartcash [ Keuntungan Kartu Smartcash